Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

>> WELCOME TO >> SERTAKAN SUMBER LINK APABILA MENGGUNAKAN KONTEN DARI SINI >> APABILA ARTIKEL - ARTIKEL DI SINI SERASA BERMANFAAT, SILAHKAN SUPPORT DONASI UNTUK PERKEMBANGAN WEBSITE INI >> TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA. Les Privat Blogger Jogja

Cara Mudah Stem Gitar Versi Manual Hingga 99% Bisa | Arisduts Guitar



Hello sahabat Arisduts semua gimana kabar untuk hari ini ? semoga kalian tetap baik-baik saja.

Pada Kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel tentang cara belajar stem alat musik gitar untuk pemula, ok langsung saja kita mulai atau play eh.. tapi jangan di pause ya . . hehe . . baca trus simak pahami dengan seksama.


Dalam dunia musik gitar para musisi handal sudah tidak asing lagi cara ini, namun untuk pemula pasti akan merasa kesulitan dan untuk itu wajib kamu coba pelajari dasar-dasarnya.

Sebelumnya kita harus tahu dulu tentang senar dan nada stelan standartnya, sebagai berikut :


  •  Senar 6 nada = E (senar atas)
  •  Senar 5 nada = A
  •  Senar 4 nada = D
  •  Senar 3 nada = G
  •  Senar 2 nada = B
  •  Senar 1 nada = E (senar bawah)


Gambar diatas yang titik-titik warna hijau adalah senar yang ditekan dengan salah satu jari tangan kiri dan titik warna merah menunjukkan baris-baris senar ada 6 yang bernada berbeda-beda.

Setelah kamu tahu, langkah-langkah selanjutnya mulailah sesuaikan nada-nada tersebut. Sebagai seorang yang awam atau pemula pastinya ngerasa bingung, dan ada pertayaan dalam hati ...???


Gimana sih caranya ?

Harus mulai dari manakah ?


Nah untuk itu saya akan ulas steman gitar secara manual dengan langkah-langkah di bawah ini.

Dan untuk metode penyeteman gitar sendiri ada beraneka ragam cara seperti teknik manual, teknik harmonic, teknik elektrik dengan menggunakan tuning gitar dan sebagainya.

Pada intinya saya hanya bahas yang secara manual saja sebagai tahap awal belajar gitar agar kamu lebih faham tentang dasar-dasarnya.

Baca Juga :


Cara memulai langkah :

1. stel senar no 1 dari kendor dikencangkan sampai kira-kira peroleh nada atau suara sedang, dan  mulailah tekan dengan jari telunjuk atau jari tengah tangan kiri dan jari-jari tangan kanan memetik  untuk senar selanjutnya.

2. Lalu senar no 2 di fret/kolom 5 di tekan dan samakan nadanya dengan senar no 1 tersebut tanpa   di tekan,

3. Tekan senar no 3 di fret 4 samakan dengan senar no 2 tanpa di tekan,

4. Tekan senar no 4 di fret 5 samakan dengan senar no 3 tanpa di tekan,

5. Tekan senar no 5 fret 5 samakan dengan senar no 4 tanpa di tekan,

6. Selanjutnya tekan senar no 6 fret 5 samakan dengan senar no 5 tanpa di tekan, 

7. Dan yang terakhir samakan keduanya yaitu senar no 1 dengan senar no 6 kemudian samakan    keduanya secara petik ditekan dengan jari telujuk dan jari tengah atau kedua jari lainya juga bisa di los tanpa ditekan senar 1 dan 6 cukup di petik saja secara bersamaan atau bergantian .


Jika kamu ingin nada standar E bisa dicoba dengan feeling (kepekaan rasa ) dengan menyamakan nada E dengan lagu-lagu yang bernada dasar kunci E seperti lagu populer Sayang NDX.A.k.A yang versi dangdut Via Vallen, Bintang di surga PETERPAN, dan lain sebagainya.

Untuk memperoleh nada yang setandar kita bisa gunakan tuning standart seperti gambar diatas : tuner cromatic, tuner efek digital, dan di era sekarang ini dengan berkembangya kemajuan teknologi seperti adanya semartphone android dengan mudahya kita langsung bisa download aplikasi tuner gitar berbagai fitur di play store .

Demikianlah sedikit ilmu yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat untuk kamu juga kalian dan selamat mencoba .Salam musik, Salam Blogger! terimakasih/matur suwun.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Stem Gitar Versi Manual Hingga 99% Bisa | Arisduts Guitar"