Buka Puasa di Pantai Depok & Ziarah Kubur ke Makam Syekh Maulana Maghribi

arisduts.com - Pada hari minggu tanggal 19 - 5 - 2019 pas betepatan dengan Bulan Suci Ramadhan, kami dari beberapa anggota muda/mudi dan bapak/ibu, serta adik-adik kecil mengadakan acara ngabuburit atau kata lainnya buka bersama. Acara ini tepatnya kami adakan di pantai depok Yogyakarta. Kami berangkat kurang lebih jam 16.00 sore dengan menggunakan 4 kendaraan roda empat. Karena jalannya lumayan padet akhirnya kami sampai di pantai tersebut pas buka puasa.


Detik-detik waktu berbuka puasa

Kemudian setelah tibanya di sana kami membatalkan sejenak dengan minum teh hangat dan makan makanan ringan bekal dari rumah. Sebelum dilanjutkan buka bersama dengan menu ikan bakar yang sudah di pesan, kami terlebih dahulu menunaikan ibadah shalat magh'rib berjamaah di Masjid terdekat. Setelah selesai ibadah kami lanjutkan untuk berbuka puasa bersama di warung Pondok Pelangi.

Buka Puasa di Pantai Depok & Ziarah ke Makam Syekh Maulana Maghribi


Menu apa saja yang tersedia ?

Untuk menu foodsnya di warung ini tersedia ikan bakar, ikan goreng, cumi dan juga udang goreng. Sedangkan menu drinksnya teh hangat, jeruk hangat, es degan, dll. Harga dari menu ikan bakar yang kami pesan adalah Rp 20.000/orang dan sudah termasuk minumnya. Tempat makan ini juga sudah tersedia fasilitas mushola kecil, tempat wudlu dan kamar mandi. Mengenai ruang makannya, dengan bentuk model kampung jawa sederhana dan cukup luas bisa untuk lesehan sekitar 100 arang lebih. Dengan santapan ikan bakar yang lezat kami pun menikmatinya dengan penuh rasa syukur setelah seharian penuh menahan haus dan lapar.


Kurang lebih waktu makan santai 30 menit  sudah cukup, kemudian di lanjutkankan dengan menunaikan ibadah shalat Isya di Masjid. Setelah selesai shalat kami istirahat sejenak sambil ngobrol-ngobrol di sana. Memang ini menjadi agenda rutin satu kali dalam bulan Ramadhan yang kami lakukan untuk buber di pantai depok. Karena suasananya yang sejuk dengan pemandangan khas pantai membuat kami tertarik ke tempat ini. Pengunjung untuk saat-saat buka puasa di bulan Ramadhan ini cukup lumayan banyak. Wilayah parkiran terlihat cukup ramai dan padat di penuhi oleh motor dan mobil.


Ziarah ke Makam Walliyullah


Hari pun tak terasa sudah semakin malam dan akhirnya kami memutuskan untuk pulang dan bagi yang mau ikut lanjut berziarah ke Makam Syekh Maulana Maghribi di persilahkan. Akhirnya 2 mobil pick up dan 1 mobil serta yang bawa motor sendiri memutuskan untuk pulang karena juga banyak yang ajak anak-anak kecil. Tinggalah 1 unit mobil pick up sekitar 10an orang lanjut pergi ziarah.

Untuk sampai tujuan disana membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari arah Pantai Depok menuju Makam Syekh Maulana Maghribi. Taklama kemudian kami sampai di tempat tujuan. Dengan tak menunggu lama kami pun masuk menaiki tangga yang cukup tinggi yang membuat nafas tersengal-sengal. Namun ini tetap tidak sedikitpun mengurangi niat kami untuk sampai ke puncak makam. Setelah tiba di tempat wudlu kami lanjutkan shalat tarawih berjamaah dulu di Mushola An-Nur.


Seusai shalat selesai kami keluar dari tempat ibadah dan beristirahat sejenak menikmati kesejukan semilir angin di suasana malam bulan purnama. Sambil sebagian santai udut dulu dan juga foto-foto keadaan alam sekitar sebagai memori dokumentasi. Beberapa menit kemudian kami segera naik keatas dan akhirnya sampailah di Makam Simbah Syekh Maulana Maghribi. Kamipun uluk salam kepada jurukunci dan kepada ahlilkubur, lalu masuk ke dalam pesarean. Selanjutnya kami bertata sila selayaknya umat Islam yang sedang dzikirullah mengirim doa kepada arwah para leluhur.


Dengan di pimpin oleh bapak Muhammad Ridwan kami semua mengirim doa dan tahlil bersama-sama. Untuk yang pertama mengirim doa untuk para Nabi dan para Waliyullah dah juga kepada keluarga serta sahabat-sahabatnya dan sebagainya.
Kurang lebih 1 jam an dalam berdoa, bersholawat serta tahlil dan tidak lupa juga kami berdoa khusus masing-masing berdoa sendiri dalam suasana hening. Ini semua agar senantiasa hajad dan yang lainnya lebih mudah di kabulkan oleh Tuhan Yang Maha Esa ( Allah SWT ). Setelah semuanya telah selesai kami semua melanjutkan perjalanan pulang.

Nah itu tadi sekilas cerita perjalanan saya admin dan para sahabat-sahabat mengisi kegiatan di Bulan Suci Ramadhan dengan hal-hal positif. Semoga tulisan ini bisa menjadi inspirasi untuk kita semua dan semoga bermanfaat di dunia sampai akhirat. Aamiin.

Belum ada Komentar untuk "Buka Puasa di Pantai Depok & Ziarah Kubur ke Makam Syekh Maulana Maghribi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel