7 Tips Agar Tetap Kuat Berpuasa di Bulan Suci Ramadhan

Tips Puasa Ramadhan - Sebagai umat Islam kita di wajibkan menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh seperti yang diajarkan oleh Rasulullah ( Nabi Muhammad Saw ) sebagai bentuk perwujudan rasa syukur & taqwa terhadap perintah Tuhan Yang Maha Esa ( Allah SWT ). Kegiatan ini semata-mata karena untuk mengharapkankan ridho dan ampunan-Nya atas dosa-dosa yang lalu yang pernah kita perbuat baik sengaja ataupun tidak sengaja.

7 Tips Agar Tetap Kuat Berpuasa di Bulan Suci Ramadhan

Namun seringkali kita melupakan pola makan dan minum yang baik saat menjalankan ibadah puasa. Sehingga perut menjadi terasa tidak kuat menahan haus dan lapar. Apabila kita asal makan bisa-bisa puasa satu haripun tidak akan kuat apalagi dalam satu bulan penuh. Memang hal ini tidak semudah yang di ucapkan, tetapi dengan niat serta mengatur pola makan yang baik Insyaallah akan kuat dalam berpuasa.


Nah, untuk itu perhatikan dengan seksama tips sederhana di bawah ini.


1. Sahur dengan makanan  yang berserat ( karbohidrat ) & berprotein

Makan nasi dan lauk secukupnya yaitu tidak lebih atau kurang. Seperti nasi putih dengan lauk protein nabati dan hewani, contoh dengan sayur segar, tahu, tempe, telur juga daging plus susu satu gelas. Nasi memang merupakan makanan pokok utama manusia khususnya di negara Indonesia untuk menambah tenaga dalam tubuh, agar tetap kuat saat melakukan kerja atau aktivitas lainnya. Namun alangkah baiknya bila sedang berpuasa anda doyan nasi putih saja, sebab perut tidak akan mudah terasa perih dan tentunya lebih bersahabat.


2. Minum air putih minimal 8 gelas/hari

Meskipun kita menahan rasa haus, tetapi bukan berarti mengurangi dalam mengkonsumsi air minum. Karena bila dalam tubuh kita kekurangan air, tentunya akan berakibat dehidrasi sehingga tubuh mudah lemas, letih, lesu, ibarat tanaman bunga kekurangan air jadi mudah layu. Untuk itu gunakan rumus 2_2_4, yaitu minum 2 gelas saat sahur yang bisa dilakukan 1/2 atau 1 gelas sebelum, 1 gelas sesudahnya dan juga bisa di ganti atau ditambah 1 gelas susu untuk 1 gelas terakhir. Kemudian 2 gelas saat berbuka, dengan minum 1 gelas sebelum dan 1 gelas sesudahnya. Sedangkan 4 gelas lagi untuk malam setelah tarawih dan menjelang tidur di jeda 2 gelas pertama lalu 2 gelas terakhir.


3. Hindari makanan cepat saji

Seperti halnya anda yang suka makan mie instan sehari-hari harap mengurangi atau bahkan tidak makan sama sekali selama menjalankan puasa. Karena jenis makanan seperti ini mengandung bahan kimia yang terasa enak di mulut tetapi lama-lama bikin perih di perut. Tentunya anda tidak ingin batal dalam berpuasa kan? Ya baiknya konsumsi saja makanan 4 sehat 5 sempurna yang bergizi juga masih banyak unsur alami, misal sayur-sayuran dan buah-buahan dan lain-lain.


4. Isi waktu dengan pebanyak kegiatan positif

Dengan selalu action, berfikir optimis, dan positif akan membuat waktu lebih bermakna juga bermanfaat terutama nafsu dalam diri lebih terkendali. Sehingga tidak goyah akan godaan yang tidak baik dan tentu waktu akan tak terasa lama untuk menantikan buka puasa. Anda juga bisa coba berolahraga ringan seperti jalan jalan sehat ataupun yang lainnya. Perbanyak berdzikir dan berdoa serta baca Al-Qur'an. Ikut kegiatan Islami seperti pengajian dan juga ikut berbagi takjil.


5. Kurangi aktivitas kerja

Biasanya kita kerja keras memeras tenaga yang cukup lumayan sehingga tubuh mudah lelah kecapekan. Itu semua demi memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, tetapi apabila dalam keadaan berpuasa terlalu berlebihan dalam aktivitas kerja bisa-bisa jadi tidak kuat dalam berpuasa. Untuk itu anda bisa menguranginya, kalau biasanya terlalu ngebut karena kejar target ya sekarang di ubah pelan-pelan tapi pasti. Namun ini bukan berarti bekerja semaunya, karena bila kita jadi buruh pabrik ataupun karyawan swasta bisa dimarahin bahkan bisa juga di pecat oleh pak boz hehe.


6. Kurangi makanan yang banyak mengandung asam, asin, asem, pedas

Buat anda yang pernah gejala atau baru mengalami sakit asam lambung lebih baik mengurangi makanan asam, asin, asem, dan pedas. Meskipun sudah terlihat sembuh, terkadang bila tersentuh oleh makanan seperti hal tersebut bisa mudah kambuh jadi bisa menggangu perut anda saat berpuasa.


7. Istirahat yang cukup

Hal yang terakhir adallah melakukan tidur yang cukup. Meskipun terlihat sepele tetapi jangan di pandang sebelah mata, karena dengan istirahat atau tidur yang cukup akan buat tubuh lebih sehat dan fikiran jadib fress. Kegiatan tidur ini juga merupakan salah satu bentuk ibadah di bulan suci Ramadhan yang mendapat pahala. Sebab dengan tidur kita bisa terhindar dari pebuatan yang mengurangi amal ibadah puasa. Seperti membicarakan keburukan orang lain, melihat hal-hal yang tidak baik, mendengar pembicaraan orang lain yang tak seharusnya pantas untuk di dengarkan dan lain sebagainya.


Baca Juga :
*Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H / 2019 Yang Penuh Berkah & Ampunan
*Keindahan Wisata Religi Masjid Agung Jawa Tengah
 

Demikian ulasan singkat dari Arisduts.Com tentang tips-tips agar kuat menjalankan ibadah puasa terutama di bulan suci Ramadhan. Salam hangat dan semoga bermanfaat di dunia maupun akhirat. Aamiin...Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "7 Tips Agar Tetap Kuat Berpuasa di Bulan Suci Ramadhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel