5 Tips Mudik Lebaran Yang Baik dan Aman

Tips Mudik Lebaran - Tak terasa bulan Ramadhan tahun 2019 sebentar lagi akan selesai dan lebaran akan segera tiba waktunya. Dengan begitu sudah pastinya banyak di antara kalian yang mau pulang kampung untuk menemui orang tua, sanak saudara juga keluarga. Momen ini merupakan suatu hal penting bagi para kaum muslimin di Indonesia. Hal seperti ini disebut Hari Raya Idul Fitri, yang biasanya di laksanakan setelah bulan puasa telah berakhir.

5 Tips Mudik Lebaran Yang Baik dan Aman

Perjalanan Mudik Lebaran

Sebelum hari H tiba ada yang beli tiket terlebih dahulu bagi yang menggunakan angkutan umum kereta api maupun pesawat, dan ada juga yang naik bus ataupun dengan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil. Nah untuk itu buat anda yang mau mudik wajib mempersiapan semuanya dengan baik, agar nantinya di perjalanan tidak mengalami kendala dan bisa lancar sampai tujuan.


Baca juga : Tips Kuat Berpuasa di Bulan Suci Ramadhan


Hal-hal yang perlu diperhatikan :

1. Kondisi Kesehatan Tubuh


Sebelum anda pergi mudik sebaiknya cek dan jaga kesehatan tubuh dengan makan makanan yang lebih bergizi, perbanyak minum air putih dan bila perlu minum multivitamin agar daya tahan tubuh lebih kuat. Buat anda yang sekiranya sering tidak sehat bisa juga bawa obat - obatan yang bisa meredakan. Misalkan yang sering masuk angin bisa bawa Antangin ataupun yang lainnya. Sedangkan buat anda yang suka mabuk  perjalanan jangan lupa selalu bawa obat Antimo ( anti mabok ).


2. Bekal Makanan & Minuman


Bawa makanan dan minuman secukupnya, karena di perjalanan belum tentu juga ada makanan yang sekiranya cocok di perut. Selain itu itung-itung ngirit mengingat hari lebaran biasanya harga jajanan makan dan minum melambung tinggi alias naik. Selain hemat biaya juga tidak terlalu lama menyita waktu perjalanan. Dengan demikian perut kenyang dan waktu tujuan tetap berjalan dengan baik.


3. Kendaraan Mudik


Perlu diperhatikan bila anda memakai kendaraan pribadi, lakukan dengan servis dahulu motor atau mobil anda di dealer maupun bengkel terdekat. Cara ini dilakukan agar kendaraan aman tidak macet atau mogok di tengah maupun di pinggir jalan. Namun buat anda yang numpang angkutan umum seperti bus, kereta api, taxi dan lain-lain tak perlu cek atau servis, cukup dengan pilih kendaraan apa? yang sekiranya jalurnya lebih cepat dan aman.


4. Barang Bawaan


Jangan terlalu banyak bawa barang yang tidak perlu, karena bila barang bawaan banyak akan menambahi beban, kan jadi ribet bukan? alangkah baiknya bawa secukupnya yang di perlukan saja. Misalkan anda membawa barang lebih banyak, tentunya bila pakai kendaraan ataupun angkutan umum akan mempersempit tempat duduk. Selain itu bisa buat sesak nafas dan juga rawan terjadinya kebocoran ban kendaraan, yang di sebabkan oleh kelebihan beban tersebut. Cek kembali barang-barang yang ingin di bawa agar tidak ada yang ketinggalan.


5. Uang Tunai & Uang Elektronik


Anda bisa membawa uang pecahan, seperti seribuan, dua ribuan, lima ribuan dan lain-lain. Karena dengan uang tunai anda bisa membeli sesuatu dengan pas tidak harus ada kembaliannya dan juga tidak terlalu ribet. Untuk jaga-jaga anda perlu juga bawa Uang Elektronik atau yang tersimpan di bank yang bisa langsung di ambil melalui mesin ATM. Dengan bawa uang secukupnya yang tidak berlebihan, tentunya akan lebih aman dari tindak laku kejahatan.


Baca juga : Tips Mendengarkan Musik dengan Aman


Tak lupa juga sebelum berangkat mudik sebaiknya selalu berdoa terlebih dahulu agar senantiasa dilindungi oleh Tuhan Yang Mah Esa dan bisa selamat lancar sampai tujuan. Aamiin. Semoga bermanfaat, sampai jumpa, dan Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Mudik Lebaran Yang Baik dan Aman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel