Momen Bahagia Acara Seserahan Lamaran & Akad Nikah 2019

Seserahan Lamaran & Akad Nikah - Bagi seorang muslim tentunya hal nikah adalah suatu kewajiban untuk dilakukan sebagai salah satu bentuk penyempurnanya ibadah. Di bulan-bulan tertentu acara pernikahan itu ramai diadakan, kalau menurut islam biasanya di bulan Syawal dan selain itu ada juga yang melaksanakan hajatan di bulan Besar, Rajab, juga Jumadil Akhir.

Momen Bahagia Acara Seserahan Lamaran & Akad Nikah 2019
IG : @ikhsanikson & IG : @riapriliawati

Dalam pelaksanakan suatu pernikahan memerlukan berbagai macam perlengkapan sebagai syarat yang  mesti dilakukan. Seperti membawa seserahan atau hantaran lamaran berupa mas kawin uang ataupun seperangkat alat Sholat, perhiasan, busana (pakaian), set alat rias (make up), makanan tradisional, buah-buahan, ayam jago dan lain sebagainya.


Rezeki kebahagian seseorang yang menjadi tujuan hidup sesungguhnya. 

Pada kesempatan kali ini saya (admin) disini mau berbagi sedikit cerita momen-momen bahagia sahabat-sahabat dekat yang telah menempuh hidup baru, istilahnya orang jawa mantenan atau dalam bahasa indonesiannya pernikahan. Tepatnya pada hari minggu tanggal 14 Juli 2019, di kampung saya ada yang melaksanakan hajatan nikahan.

Saya dan para anggota muda mudi lainnya mempersiapkan diri stanby sekitar pukul 08.00 sesuai jadwal yang di tentukan. Mengingat acara ijab qobul (akad nikah) di laksanakan pukul 10.00 wib dan kami memang lebih awal dalam persiapan, karena di haruskan berpakaian adat jawa untuk para pemuda yang ikut membawa seserahan lamaran.


Setelah kami sudah berkumpul di tempat saudara mempelai pria, sebelumnya di suruh sarapan dulu biar perut kenyang kagak keroncongan, kan berabe lo pusing di acara akibat kelaperan he..he..he. Ketika semuanya sudah pada makan dan minum di lanjutkan dengan ganti kostum alias pakaian adat jawa yaitu blangkon, klambi atau kemeja, sabuk, jarik, keris, dan untuk alas kakinya bebas yang penting sesuai atau sopan.

Sekiranya perlengkapan sudah siap semuanya, kami langsung tancap gasss...otewe berangkat ketempat mempelai wanita sekitar pukul 09.00 wib. Dengan kendaraan satu unit mobil, 1 lagi kol, dan sebagian bawa kendaraan roda dua, meski harus melewati area pegunungan yang jalannya lumayan penuh tanjakan atau naik turun.


Tak lama kemudian akhirnya kamipun sampai di tempat tujuan, setelah  itu kami turun dari kendaraan dan mempersiapkan diri merapatkan barisan untuk satu persatu membawa seserahan lamaran tersebut. Dengan di pimpin oleh wakil tuan rumah, kami semua berjalan selangkah demi langkah untuk masuk ke dalam ruang acara pernikahan tersebut dan di sambut baik oleh keluarga mempelai wanita dengan saling berjabat tangan.

Kemudian kami semua di persilahkan masuk dan duduk di tempat yang sudah di persiapkan oleh panitia dan sekaligus meletakkan seserahan tersebut di atas meja. Selang beberapa menit setelah itu acarapun telah dimulai untuk acara inti utama yaitu serah terima maskawin serta hantaran yang lainnya sebagai simbolisnya suatu pernikahan.

Detik-detik pelaksanaan IJab Qobul

Waktu menunjukkan kurang lebih pukul 10.00 wib, itu artinya ijab qobul akan segera dimulai dan untuk itu kedua mempelai di persilahkan duduk di tempat. Sebelumnya diisi dengan bacaan ayat suci Al Qur,an agar senantiasa dapatkan safaat dari Nabi Muhammad Saw dan keberkahan Tuhan ( Allah SWT ). Aamiin.

Kemudian bapak naib ( KUA ) berjabat tangan dengan bapak/wali pengantin putri untuk menikahkan putri tercintanya. Setelah itu dilanjutkan melafazkan kalimat sahadat untuk di ucapkan kembali oleh pengantin pria. Baru dilanjutkan acara inti yaitu ijab qobul dengan di saksiksakan oleh para rombongan anggota keluarga kedua mempelai. Meski suasana rada  tegang saat detik-detik ucapan ijab telah dimulai di lafazkan dan akhirya lega ternyata walau mengulang untuk kedua kalinya akhirnya di nyatakan sah. Aamiin Allahumma Aamiin.

Nah itu tadi sekilas cerita singkat dari admin semoga menginspirasi dan bermanfaat baik di dunia maupun akhirat. Aamiin. Salam cinta dan kasih sayang semoga kedua mepelai bisa jadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah. Aamiin Ya Robbal'alamiin. Semoga juga untuk para kaum adam dan hawa yang belum punya pasangan segera di pertemukan jodohnya serta di mudahkan pintu rezekinya. Ya Rahman Ya Rakhim...Aamiin..Amiin..Amiin. Akhir kata dari saya mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati yang bersangkutan maupun para pembaca setia di web ini. Terimakasih.


Penulis : IG @rismanto808
Foto by : IG @muhkhlis
dkk.

Belum ada Komentar untuk "Momen Bahagia Acara Seserahan Lamaran & Akad Nikah 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel