Bersihkan Batin di Sendang Kebagusan & Ziarah Makam Kyai Raden Bagus Khasantuka

arisduts.com - Sendang Kebagusan dan Makam Kyai Raden Bagus Khasantuka ini memiliki letak setrategis yang berlokasi di Dusun Senuko, Kelurahan Sidoagung, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Bila anda pernah ke pasar godean pastinya akan menjumpai jalur jalan ke arah kompleks sendang dan makam tersebut. Kalau di lihat melalui peta google maps tepatnya berada di perempatan jalan pasar godean ke arah timur kurang lebih 1 Km dari arah pasar.


Meskipun letak keduanya berada dalam satu komplek, namun memiliki letak yang berbeda. Untuk makamnya sendiri ada di atas di bawah pohon beringin. Sedangkan sendang kebagusannya berada di bawah makam. Sebelum masuk dan sampai di titik makam tersebut, maka harus melewati pintu gerbang dengan pagar besi serta beberapa anak tangga yang lumayan cukup alias tidak tinggi. Dan untuk tanah di area kompleks tersebut sudah berlantaikan cor konblock.


Konon katanya sendang ini merupakan tempat berwudlunya Kyai Raden Bagus Kemuning Khasantuko atau di kenal sampai saat ini dengan sebutan "Kyai Raden Bagus Khasantuko". Air sendang ini selain untuk di gunakan untuk keperluan sehari-hari oleh masyarakat setempat, tetapi juga di percaya  bisa untuk membersihkan secara lahir maupun batin dari hal hal yang kurang baik dan dapat memberikan karohmah suatu keberkahan dari Tuhan Yang Maha Esa.


"Ziarah Makam Kyai Raden Bagus Khasantuka"

Sebelum mengirim doa ke makam, biasanya para tamu ziarah melakukan "kungkum" terlebih dahulu di sendang tersebut. Di tempat ini juga sudah di sediakan beberapa fasilitas seperti tempat ibadah, berwudlu, kamar mandi, area parkir yang cukup, dan ada warung koboinya juga sebagai tempat menjajakan makanan dan minuman. Di sekeliling kompleks makam tersebut juga banyak di tumbuhi tanaman pohon bambu yang hijau nan sejuk dan indah.


Pada kesempatan ini Saya selaku admin bersama Bapak Dukuh Sarwidi beserta rombongan yang di pimpin oleh Bapak Kyai Khanafi melakukan ziarah ke tempat ini. Kami berangkat pada hari Senin 09 September 2019 sekitar jam 23.00 Wib hingga sampai di sana kurang lebih setengah jam dari Kota/Kab. Bantul ke  Godean - Sleman, Yogyakarta. Perjalanan ke wisata religi ini pas bertepatan dengan malam 10 Muharrom 1441 H atau Selasa 10 September 2019.

Selain bulan suci Ramadhan, di bulan Muharrom juga termasuk malam yang penuh berkah yang sangat baik untuk melakukan dzikir dan doa yaitu salah satunya dengan zaroh kubur atau berziarah ke makam leluhur keluarga maupun ke makam-makam Wali Alloh. Sebagai umat Islam di tanah jawa kita wajib menjaga dan melestarikan sejarah ini agar dapat menjadi pembukuan suriteladan yang baik bagi sesamanya.

Manusia memang semua tidaklah luput dari yang namanya salah dan khilaf yang menjadi penyebab timbulnya dosa. Namun dengan mau selalu berlatih atau belajar melakukan perihatin, tetirah, tirakat batin, tentu akan menjadikan diri pribadi yang lebih baik dan bukan hanya di mata manusia saja, namun yang utama di mata Tuhan Yang Maha Esa. Semoga sekilas cerita singkat ini bisa di ambil hikmahnya dan semoga bermanfaat di dunia maupun akhirat. Aaamiin.Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Bersihkan Batin di Sendang Kebagusan & Ziarah Makam Kyai Raden Bagus Khasantuka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel