Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

>> WELCOME TO >> SERTAKAN SUMBER LINK APABILA MENGGUNAKAN KONTEN DARI SINI >> APABILA ARTIKEL - ARTIKEL DI SINI SERASA BERMANFAAT, SILAHKAN SUPPORT DONASI UNTUK PERKEMBANGAN WEBSITE INI >> TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA. Les Privat Blogger Jogja

Tips Memilih Gitar Akustik Yang Bagus & Berkualitas Untuk Pemula

arisduts.com - Bagi seorang pemula tentu masih merasa bingung untuk memilih salah satu jenis gitar yang sesuai keinginan yang sekiranya memilki kualitas bagus dan harga terjangkau. Saya sendiri ( admin ), pertama awal beli gitar di sebuah toko alat musik awam banget dan tidak tahu menahu tentang seluk beluk sebuah gitar. Terlintas dalam fikiran hanya pingin belajar bermusik dengan gitar akustik. Saya pun beli gitar pertama kali di daerah Bayat, Klaten meski saya asli orang dari Kota Bantul yang jauh - jauh pergi ke sana.

Tips Memilih Gitar Akustik Yang Bagus & Berkualitas Untuk Pemula 
Gambar : Gitar Custom from @sunyotokmusik

Gitar yang saya dapat bermerk Yamaha serinya C 425 lo gak salah, karena sudah lama banget jadi agak lupa sobat. Untuk bodynya termasuk berukuran jumbo ( gitar kebo ) dengan warna kuning bercampur merah orange. Suaranya cukup lumayan bagus saat di dengarkan disertai suara merdu ku he..he..he. Ini pun saya dapat ajak orang yang sudah berpengalaman dalam dunia gitar yaitu Mas Winaryo tetangga kakak ipar saya yang berada di Kota Klaten, Jawa Tengah.

Mengingat dunia hiburan sekarang ini semakin hari semakin berkembang saja. Banyak para musisi yang berkarya dengan lagu-lagu yang bagus terutama lagu jawa dangdut yang saat ini banyak di gemari oleh para fansnya. Seperti hadirnya artis kondang dari Kota Jawa Timur yaitu mbak Via Valen, Nella Kharisma, Jihan Audy, Tasya Rosmala, Gery Mahesa, Eny Sagita, Sodik dan para grub pendatang baru seperti NDX A.X.A, Guyon Waton, Pendhoza dan lain sebagainya.


Pada akhirnya para generasi muda pun tidak mau kalah juga untuk menyalurkan bakat dalam membangun sebuah karya seni musik semisalkan mengcover lagu dan di unggah dalam YouTube ataupun ke media sosial. Dengan demikian peminat para pemula untuk bermain gitar semakin hari bertambah lebih banyak. Memang bermain dengan menggunakan alat musik gitar akustik itu lebih terasa simple, mudah dan juga enak untuk mengiringi sebuah lagu dalam bernyanyi. Alat musik ini memang memiliki daya tarik yang cukup luar biasa yang bisa menyentuh hati bagi para pecinta musik khususnya para pemula yang mau belajar bermain gitar.

Tips Memilih Gitar Akustik Yang Bagus & Berkualitas Untuk Pemula

Sesi selanjutnya kita ke topik utama ya sobat, bagaimana untuk memilih gitar yang bagus?


1. Tentukan Jenis Gitar

Ada dua jenis gitar akustik yaitu klasik dan biasa, untuk yang klasik biasanyan dengan senar nylon sedangkan yang biasa dengan senar string. Untuk memilih jenis senarnya bisa pilih sesuai selera dari pengguna. Gitar akustik sendiri tidak memerlukan perawatan khusus seperti halnya alat musik elektrik lainnya. Yang perlu di perhatikan cuman cara merawat senar dan tempat penyimpananya. Pilih warna favorit sobat untuk menentukan jenis warna yang di sukai agar lebih menambah semangat rasa cinta untuk berkarya.


2. Tentukan Merk Gitar

Cukup banyak mengenai merk gitar di pasaran toko alat musik khususnya di Indonesia seperti, Yamaha, Chort, Ibanez, Taylor dan lain-lain. Ada juga gitar tanpa merk yaitu gitar custom buatan rumahan, namun biasanya jenis ini banyak yang nyari. Mungkin karena klasiknya sederhana dan harganya terjangkau hingga banyak yang suka. Bila memilih merk pabrikan tentunya terlihat sangat bagus dan lebih mahal, namun bagi pemula alangkah baiknya beli yang sesuai saja. Yang lebih murah ada mengapa harus beli yang mahal he...he..he.


3. Tentukan body ( bentuk ) Gitar 

Mengenai bentuknya ada 3 ukuran yaitu kecil, sedang, dan besar ( jumbo ). Nah, sobat bisa pilih yang sekiranya nyaman di pegang serta enak di bawa kemana mana. Pilih stang gitar yang tidak terlalu besar dan bentuknya yang sedang saja ( bukan jumbo ). Perhatikan ketebalan bodynya, pilih saja yang ukuran sedang. Namun rekomendasi ini juga bukan berarti melarang sobat memilihnya, ya mungkin sobat bisa bebas memilih yang sesuai selera.


4. Cek Kondisi Fisik Gitar

Bila sobat tidak perhatikan dengan teliti bisa saja kalau sudah terlanjur di beli, tahu-tahu pas di cek di rumah kok cacat bodynya  misalkan box bolong, cat mengelupas, retak body ataupun hal lainnya. Pilih stang gitar yang lurus tidak bengkok, atau mungkin sobat bisa pilih yang sudah tanam besi yang harganya sedikit lebih mahal. Untuk itu cek lah kondisi fisik gitar dengan seksama mulai dari body depan, belakang, samping, dan ujung sembelum sobat membeli.


5. Cek Suara Gitar 

Selanjutnya jangan lupa sobat untuk mencoba memainkan gitarnya agar tahu bagaimana suaranya. Pilihlah suara yang enak di dengar paling tidak nggak cempreng tetapi lumayan nyaring alias cring-cring. Bila sobat belum bisa main gitar dan belum tahu sepenuhnya bisa ajak teman yang sudah tahu tentang gitar untuk menentukan sebuah pilihan terbaik yang sesuai.


6. Tentukan Budget ( harga )

Bagi seorang pemula pastinya inginkan gitar yang sesuai di katong apalagi sobat seorang pelajar yang masih nemiliki kebutuhan yang jauh lebih penting. Sobat bisa coba beli gitar custom saja di toko terdekat ataupun via online terpercaya. Apabila saking kepepetnya sobat bisa beli yang second saja. Saya sendiri belum lama ini beli gitar new custom di toko "Sunyotok Musik" yang berada di jl. Janti Yogyakarta. Harga di sana mulai kurang lebih 200k, 500k, 1jtan sudah di tambah dengan bonus tas dan pick. Cek selengkapnya di toko atau lihat profil lengkap di Instagramnya dengan nama pengguna yang tercantum di bawah gambar di atas.

"Jangan lupa tetap semangat berkarya untuk Indonesia tercinta. Salam musik Indonesia salam musik tanpa batas, semoga bisa bermanfaat baik di dunia dan akhirat." Aamiin. Terimakasih.

4 komentar untuk "Tips Memilih Gitar Akustik Yang Bagus & Berkualitas Untuk Pemula"

  1. Terima kasih infonya sangat bermanfaat, kunjungi juga website kami di https://joebillyguitars.com/
    sukses selalu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama gan....Terimakasih atas kunjungannya.

      Hapus
  2. numpang senyum boleh gan, wkwkwk :)

    BalasHapus
  3. Boleh gan he...Terimakasih sudah mau mampir.

    BalasHapus