Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

>> WELCOME TO >> SERTAKAN SUMBER LINK APABILA MENGGUNAKAN KONTEN DARI SINI >> APABILA ARTIKEL - ARTIKEL DI SINI SERASA BERMANFAAT, SILAHKAN SUPPORT DONASI UNTUK PERKEMBANGAN WEBSITE INI >> TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA. Les Privat Blogger Jogja

7 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Hujan

arisduts.com - Ketika musim hujan telah tiba tubuh akan mudah terserang dengan berbagai macam penyakit seperti demam, batuk, flu dan lain sebagainya. Hawa yang dingin di sertai air hujan ini yang bisa mengakibatkan tubuh kurang sehat bila tidak bisa menjaga dengan baik dan benar.

7 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Hujan #sehat #musimhujan

Untuk itu sayangi kesehatan tubuh anda dengan selalu berpola hidup sehat. Ada beberapa hal yang mungkin bisa anda lakukan agar tubuh tetap terjaga kesehatannya. Dengan demikian lebih baik sedia payung sebelum hujan, itu artinya lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Mari simak beberapa tips atau cara berikut ini semoga bisa menjadi solusi terbaik bagi  anda semua.


7 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Hujan

1. Jangan Biarkan Tubuh Basah Kuyup Kedinginan

Apabila anda hendak berpergian, alangkah baiknya gunakan payung ataupun jas hujan agar tubuh tidak kehujanan.

Terutama bagian kaki jangan sampai terkena air hujan terlalu lama. Untuk itu anda bisa gunakan sepatu boot dan sejenisnya.

Tetapi jika anda sudah basah kuyup, segeralah bilas dengan air hangat dan bila terpaksa tidak ada, bisa langsung bilas dengan air biasa lalu keringkan seluruh bagian tubuh dengan handuk.


2. Makan & Minum Yang Hangat

Hangatkan lah tubuh anda dengan makan dan minum yang masih hangat. Seperti makan nasi dan sayur hangat, soto, bakso, mie ayam dan menu-menu lainnya.

Pilihlah makanan yang bergizi dan sehat seperti sayur-sayuran, daging dan juga buah-buahan.

Untuk minumannya anda bisa bikin teh hangat, jahe, kopi, susu, ataupun minuman lainnya.

Kurangin minum dingin apabila anda menyukai kesegaran air es dan lebih baik tidak minum es sama sekali di saat musim hujan tiba.


3. Jangan Lupa Konsumsi Vitamin C

Dari berbagai penelitian para ahli bahwa dengan mengkonsumsi vitamin C dapat membuat tubuh akan lebih kebal dari berbagai serangan penyakit.

Untuk itu anda bisa beli vitamin tersebut di apotik atau mungkin bila anda suka yang alami bisa langsung beli buah2 an yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, nanas, apel dan lain-lain.


4. Jangan Sampai Dehidrasi

Dehidrasi merupakan dimana tubuh mengalami banyak kurang cairan yang berakibat tubuh terasa lemas dan mudah terkena penyakit sepertihalnya flu di musim hujan.

Walaupun hawa dingin menghampiri bukan berarti mengurangi anda dalam minum, tetatapi tetaplah minum sesuai kebutuham meski tidak terasa haus.

Dari pakar penelitian bahwa minum air putih dapat menghilangkan racun dalam tubuh. Sehingga tubuh minim dari  virus-virus yang menyebabkan timbulnya suatu penyakit.


5. Tetap Jaga Kebersihan Diri

Selalu tidak lupa cuci tangan sebelum dan sesudah makan. Jangan sampai makanan dan minuman di hinggapi lalat atau hewan serangga lainnya.

Rutin gosok gigi, sebab kalau anda sakit gigi di musim dingin sakitnya minta ampun yang bisa bikin pusing kepala. Setidaknya dengan rajin gosok gigi bisa mengurangi terjadinya rasa sakit tersebut.

Mandi paling tida dua kali dalam sehari agar tubuh tetap segar juga bersih dari kuman-kuman penyakit.


6. Jaga Kondisi Lingkungan Tetap Bersih

Jangan biarkan lingkungan sekitar anda penuh dengan sampah dan genangan air. Apabila ini terjadi segera bersihkan agar tidak di menimbulkan wabah penyakit.

Misalkan, ada genangan air di musim hujan itu sangat di senangi nyamuk untuk berkembang biak. Ini bisa memicu terjadinya penyakit demam berdarah.


7. Tetap Berolahraga

Berolahraga tidak harus yang berat-berat, anda cukup melakukan gerak tubuh ringan seperti senam lantai, jalan sehat, berspeda santai dan kegiatan hobi lainnya.

Olah raga juga merupakan salah satu cara efektif untuk menjaga tubuh agar tetap bugar sehat dan juga bisa buat fress hati dan fikiran.

Kegiatan olah raga rutin bisa juga membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Sehingga dapat mengeluarkan racun-racun dalam tubuh melalui keringat yang keluar. Ini terutama untuk anda yang dalam proses masa diet.


Salam hangat, tetap waspada dan semoga bermafoat !!

Posting Komentar untuk "7 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Hujan"