Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

>> WELCOME TO >> SERTAKAN SUMBER LINK APABILA MENGGUNAKAN KONTEN DARI SINI >> APABILA ARTIKEL - ARTIKEL DI SINI SERASA BERMANFAAT, SILAHKAN SUPPORT DONASI UNTUK PERKEMBANGAN WEBSITE INI >> TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA. Les Privat Blogger Jogja

Memanfaatkan Lahan Sekitar Rumah di Masa Pandemi 2021

Banyak hal yang bisa kita lakukan ketika kondisi saat ini belum membaik akibat Covid-19. Apalagi sekarang ini mulai tanggal 11 sampai 25 Januari 2021 adanya PSBB yang telah di tetapkan oleh pemerintah setempat. Dengan ada peraturan baru ini semua kegiatan di batasi sehingga aktivitas kerja untuk mengais rezeki kurang maksimal. 

Selain itu juga membuat harga jual suatu barang mulai menurun yang berdampak pada nilai hasil ekonomi minus. Terutama bagi para pedagang kecil yang untungnya tidak seberapa semakin berkurang pendapatannya. Apa yang bisa kita lakukan di masa pandemi saat ini ?


Memanfaatkan Lahan Sekitar Rumah Dengan Baik

Mungkin tidak semua orang memperhatikan tentang hal sederhana ini untuk melakukan penghijauan di sekitar halaman rumah. Itu artinya kita bisa mencoba belajar menanam sayur-sayuran, buah-buahan, rempah-rempah dan lain sebagainya.

Hasil dari panen bisa kita jual maupun untuk kebutuhan masak, sehingga bisa meningkatkan sedikit pendapatan dan juga mengurangi kebiasaan belanja sayuran di pasar. Mungkin di antara kalian dalam benak berkata saya tidak bisa nggak punya keahlian.

Jangan bilang tidak bisa sebelum kamu mencoba, di dunia ini tidak ada hal yang tidak mungkin selama kita mau terus mencoba dan berusaha. Nah untuk belajar lebih mudah kita bisa cari referensi di google maupun youtube untuk mempelajari step by stepnya.


Sepertihalnya penanaman dalam polibak, pot ataupun langsung di tanah dengan cara-cara sederhana yang tidak harus membutuhkan lahan yang luas. Misalkan kita coba tanam yang mudah di dapat dan dipelihara seperti lombok, tomat, bayam, cipir, pepaya, pisang dan lain-lain. 

Kita juga bisa tanam untuk bumbu-bumbu dapurnya seperti sereh, jahe, kunyit, kencur, bawang, dan sebagainya. Pilihlah jenis-jenis tanaman kebun yang kiranya sesuai dan mudah ditanam di area rumah. Namun perawatan perlu di perhatikan agar memperoleh hasil panen yang baik.

Apabila ada hama menyerang bisa langsung di semprot dengan obat tanaman yang di jual di toko-toko pertanian. Bila tidak musim hujan harus di sirami secara rutin agar tidak layu ataupun mati. 

Tentunya aktivitas ini bisa menjadi sesuatu hal yang bermanfaat bagi diri maupun orang lain. Tanpa kita sadari juga ini adalah kegiatan positif yang bisa menambah nilai ekonomi lebih baik. Selain itu apabila kita tekuni hal ini bisa menjadi ladang bisnis yang cukup bagus.

Sewajarnya manusia pastinya terkadang mengeluh dan putus asa melihat kondisi saat ini belum bisa pulih seperti hari-hari sebelumnya. Namun apakah kita harus terfocus terus dengan Virus Corona yang merenggut nyawa banyak orang. Lakukan hal-hal terbaik yang mungkin bisa kamu lakukan demi keluarga tercinta.

Tetap ikuti protokol kesehatan dengan selalu cuci tangan dan pakai masker saat berpergian supaya terhindar dari virus tersebut. Marilah selalu banyak bersyukur bagi kita yang senantiasa masih bisa berupaya demi mencukupi kebutuhan hidup keluarga.

Selamat mencoba dan semoga alhasil ! Salam hangat semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Memanfaatkan Lahan Sekitar Rumah di Masa Pandemi 2021"