Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

>> WELCOME TO >> SERTAKAN SUMBER LINK APABILA MENGGUNAKAN KONTEN DARI SINI >> APABILA ARTIKEL - ARTIKEL DI SINI SERASA BERMANFAAT, SILAHKAN SUPPORT DONASI UNTUK PERKEMBANGAN WEBSITE INI >> TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA. Les Privat Blogger Jogja

Bacaan Doa Niat Puasa Dan Buka Puasa Ramadhan 1442 H 2021 Lengkap Beserta Artinya!

arisduts.com - Bulan suci ramadhan telah tiba, dari hasil sidang isbat yang di gelar oleh Kementerian Agama akhirnya ditetapkan pada selasa 13 April 2021 ( 1 Ramadhan 1442 H ). Inilah hari yang sangat dinanti - nanti oleh umat islam untuk melakukan kewajiban ibadah puasa 1 bulan penuh.

Menjalankan puasa di bulan ramadhan ini merupakan hal wajib dilakukan oleh setiap kaum muslimin sebagai salah satu rukun Islam. Banyak pahala kebaikan yang akan kita dapat ketika mengawalinya dengan niat dan menjalankan dengan ikhlas karena Allah SWT.

Bacaan Doa Niat Puasa Dan Buka Puasa Ramadhan
Image by pixabay.com
Oleh karena itu marilah kita gunakan satu bulan penuh ini untuk menjalankan ibadah puasa dan perbanyak amal kebaikan lainya seperti membaca AL Qur'an ( Tadarusan), bersedekah dan saling berbagi tetang segala hal kebaikan.

Nah, untuk itu sebelum kita memulainya wajib niat terlebih dahulu, karena kalau tidak berniat itu artinya puasa kita tidak sah. Berikut rangkuman bacaan doanya beserta artinya yang di kutip dari berbagai sumber.


Bacaan Doa Niat Puasa Dan Buka Puasa Bulan Suci Ramadhan Yang Benar  

1. Bacaan Niat Puasa Ramadhan

Dalam niat puasa ramadhan ini bisa di ucapkan dengan bahasa Jawa, Indonesia, dan Arab (Latin). Doa ini biasanya sudah diajarkan ditempat mengaji ataupun di sekolahan, hanya saja mungkin diantara kamu ada yang lupa ataupun belum bisa sama sekali. Bacaan doanya bisa langsung lihat di bawah ini.

Arab/Latin : "Nawaitu shouma ghodin'an adaa'i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati Lillahi Ta'ala."

Indonesia / Artinya : "Aku berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan ramadhan karena Allah Ta'ala."

Jawa : "Niat ingsun poso nutuko sedino sesuk ing wulan romadhon krono Allah Ta'ala."

Niat ini biasanya di lafazkan ketika seusai sholat sunnah tarawih dan di lakukan sebelum ibadah puasa ramadhan. Selanjutnya kita tinggal membaca atau menghafalkan setiap kali mau menjalankan ibadah puasa dan bila masih lupa bisa mengujungi halaman ini kembali.

2. Bacaan Niat Buka Puasa

Arab/Latin : "Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin."

Indonesia/Artinya : "Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeqi-Mu aku berbuka(puasa), dengan rahmat-Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih."

Tak lupa bersyukur alhamdulillah ketika kita mendengar suara adzan maghrib, barulah kemudian membaca doa buka puasa sebelum minum dan menikmati makanan yang telah ada. 

3. Bacaan Doa Sahur

Arab/Latin : "Yarhamullahul mutasahhiriin."

Indonesia/ Artinya : "Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur."

Catatan : Beramal kebaikan tentunya wajib dilakukan tidak hanya di bulan puasa Ramadhan saja. Kita bisa melakukan ibadah-ibadah yang lain seperti halnya puasa senin kamis, daud, baca Al Qur'an dan hal baik lainnya.

Namun yang paling utama yang wajib kita lakukan sebagai umat islam yaitu melaksanakan sholat lima waktu. Selalu taat dan taqwa juga mau menjalankan perintah dan larangan-Nya.

Nah, Untuk itu marilah kita amalkan hal hal diatas dengan niat dan kesungguhan hati yang ikhlas karena Allah SWT agar dapatkan ampunan dan pintu Rahmat-Nya. Tak lupa juga selalu perbanyak sholawat kepada Nabi Besar Muhammad Saw agar senantiasa mendapatkan safa'atnya didunia dan diakhirat kelak. Aaamiin Allohumma Aamin.

Posting Komentar untuk "Bacaan Doa Niat Puasa Dan Buka Puasa Ramadhan 1442 H 2021 Lengkap Beserta Artinya!"