Mengenali Ciri-Ciri Ayam Yang Sehat Serta Cara Menjaga Kesehatanya

Ciri-Ciri Ayam Sehat - Ayam kini menjadi kebutuhan pokok manusia mulai dari hasil telur dan dagingnya sebagai protein hewani yang baik untuk kesehatan tubuh. Untuk itu banyak orang yang mencoba berbisnis Ayam Petelur mengingat keuntungannya lumayan besar.

Tapi tahukah bila tiba-tiba Ayam peliharaan Anda mati? Apa sebabnya? Apa yang seharusnya Anda lakukan?. Bagi pecinta (hobi) sekaligus pembisnis lama tentunya hal seperti ini tidaklah asing lagi, namun bagi seorang pemula harus faham betul tentang ciri-ciri kesehatan ayam tersebut agar tidak menuai kerugian di kemudian hari.

Mengenali Ciri-Ciri Ayam Yang Sehat Serta Cara Menjaga Kesehatanya

Oleh sebab itu pelajari dan perhatikan betul tentang cara merawat serta mengatasi agar ayam tetap sehat. Ini semua untuk menangantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan seperti terjadinya serangan wabah penyakit dan tau-tau ayam Anda mati.

Banyak hal yang perlu Anda review untuk masalah kesehatan terutama pada pemeliharaaan ayam petelur. Karena ayam petelur biasanya rentan terhadap penyakit dan apabila Anda lalai dalam merawatnya ya akhirnya ayam akan banyak yang tidak sehat dan mudah terserang penyakit.


Pada kasus umum, terjadinya serangan penyakit terhadap ayam biasanya disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, kekurangan nutrisi dan lain sebagainya. Nah untuk itu perlu Anda waspadai dan cepat atasi agar penyakit tidak menyebar luas ke ayam yang lainnya.



Ciri-ciri Ayam Sehat :

  1. Mata bening tidak sayup atau lesu.
  2. Jengger berwarna merah merona cerah.
  3. Nafsu Makan dan Minum baik.
  4. Bertelur normal ( tidak genjur atau kulit cangkang telur tipis dan mudah pecah ).
  5. Berbulu rapi serta halus ( tidak kusam ).
  6. Kotoran berwarna kuning normal ( tidak putih kapur, hijau, ataupun mencret ).


Ciri-ciri Ayam Sakit :

  • Mata ayam sayup, lesu & mudah mengantuk.
  • Jengger berwarna merah kebiruan dan terkadang jadi putih pucat.
  • Bertelur genjur, jarang bertelur bahkan tidak bertelur sama sekali.
  • Bulu kotor dan kusam.
  • Kotoran mencret ada cacingnya, kadang juga  terjadi berak putih, berak hijau, dan berak merah.
  • Pilek dan Ngorok.



Cara Menjaga & Mengatasinya :
  • Berikan makanan yang cukup 2 x sehari serta memberikan vitamin tambahan seperti Egstimulant, Fortevit, Top Mix ataupun vitamin lainya.
  • Bio Security ( Penyemprotan Kandang ) di lakukan minimal 3 X dalam seminggu.
  • Vaksinasi, di berikan sesuai aturan pabrikan agar memperoleh hasil ayam-ayam yang sehat tidak mudah terserang penyakit.
  • Pisahkan ayam yang telah sakit dari kandang agar penyakit tidak cepat menular.
  • Berikan Obat antibiotik segera ke semua ayam baik yang masih sehat maupun yang sudah terserang sakit.
  • Konsultasi pada dokter atau para ahli yang sudah berpengalaman di bidang kesehatan tentunnya orang-orang yang sudah lebih lama terjun di dunia bisnis Ayam petelur.

Selamat mencoba, semoga alhasil & semoga ayam-ayam anda selalu sehat serta bertelur dengan hasil yang baik. Salam hangat sampai jumpa di lain kesempatan semoga bermanfaat. Amiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel